Juni 27, 2022

Blog Seputar Travelling dan Alam

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Wisata Alam Jawa Barat

Wisata Alam Jawa Barat Yang Jarang Diketahui Orang.

Jawa Barat merupakan bagian dari Kepulauan Jawa ini merupakan provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia. Jawa Barat dikenal memiliki warisan adat dan budaya yang sangat banyak.

Hal ini disebabkan karena pada abad 5, Jawa Barat merupakan bagian dari Kerajaan Tarumanegara yang kemudian selanjutnya berpindah menjadi Kerajaan Sunda dengan Pakuan Pajajaran sebagai ibukota pada masa itu, Pakuan Pajajaran sendiri sekarang dikenal dengan nama Kota Bogor.

Jawa Barat juga dikenal dengan beberapa gunung yang masih aktif, bahkan karena Jawa Barat ini memiliki cukup banyak gunung. Gunung tersebut disebut Parahyangan atau tempat tinggal para dewa.

Dibawah ini kami berikan tempat-tempat di Pulau Jawa yang masih jarang diketahui orang, yuk disimak.

1.Pulau Biawak

Pulau Biawak

Beberapa dari kamu mungkin pernah mendengar nama Pulau Biawak ini, pulau yang tidak terlalu jauh dari kota Jakarta ini merupakan pulau yang berisikan saudara dari spesies Komodo, yaitu biawak

Persis dengan namanya, pulau tersebut dihuni oleh biawak dengan ukuran raksasa, pulau tersebut berada di Pesisi Utara kota Indramayu.

Dulunya tempat ini merupakan tempat yang dijadikan sebagai penelitian oleh pemerintah, namun sekarang kamu sudah bisa menjelajah pulau ini, asalkan kamu mempunyai nyali yang cukup untuk bertemu langsung dengan biawak raksasa.

Ketika kamu sampai di Pulau Biawak, maka kamu akan langsung disambut mercusuar kuno yang sudah ada sejak peninggalan jaman Belanda.

Namun, walapun biawak ini tidak seagresif hewan Komodo, kamu tetap harus waspada terhadap biawak dewasa, karena mereka bisa saja mengigit kamu, dan waspadai juga ekornya karena bagian itu digunakan untuk melindungi dirinya ketika dirinya merasa terancam.

2.Tebing Citatah

Tebing Citatah

Meskipun tidak sepopuler Goa Pawon ataupun Stone Garden, tempat ini wajib kamu coba juga loh, tebing yang berjarak 5 km dari pintu keluar tol Padalarang ini merupakan salah satu tempat latihan Kopassus.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua spot dijadikan untuk tempat latihan, beberapa spot seperti Citatah 48, 90, dan 125 dibuka untuk wisatawan yang ingin merasaskan sensasi panjat tebing pada hari weekend.

Spot di Tebing Citatah ini dibagi menjadi 3 sesuai dengan kategori level kesusahan, bagi kamu yang merupakan pendatang baru dalam dunia panjat tebing, kamu bisa mencoba spot bernomor 48 dengan ketinggian mencapai 40 hingga 50 meter, jika kamu berhasil mencapai puncaknya, kamu akan melihat monument belati milik Kopassus yang menandakan keberhasilan kamu mendaki tebing tersebut.

Tetapi untuk kamu yang ingin mencoba mendaki untuk spot 90 dan 125. Kamu harus berlisensi pendaki loh, karena tingkat kesusahan yang sangat sulit, bahkan kamu harus mendapatkan ijin dari pihak yang berwenang.

3.Curug Batu Templek

Curug Batu Templek

Jika kamu bertanya kepada orang tentang arah menuju curug yang satu ini, mungkin beberapa dari mereka akan kebingungan, sebab curug ini terletak di penambangan batu alam.

Meskipun begitu, untuk mencapai kesana, tidak begitu susah. Curug yang terbentuk karena fenomena alam dimana terjadi retakan kecil pada lempeng bumi, akibat pergerakan tektonis yang akhirnya menyebabkan air keluar dari sela berbatuan.

Untuk bisa kesana, kamu bisa mengambil arah keluar Tol Pasteur – Pasupati – Jalan Suci – terminal Cicaheum dari arah Lapas Sukamiskin, lalu selanjutnya kamu bisa masuk ke Jalan Pasir Impun, lalu kamu tinggal melewati jalan tersebut hingga jalan Cisanggarung.

Nah, kira-kira itulah tempat di Jawa Barat yang belum diketahui oleh banyak orang. Selalu jaga kebersihan ya ketika kamu mampir kesana. Semoga bermanfaat.