September 19, 2021

Selfdrivesa.com

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Taman Wisata Way Kambas

Mengenal Taman Wisata Way Kambas

TNWK kira-kira itulah singkatan dari taman nasional yang satu ini,  tempat ini merupakan taman nasional yang focus kepada perlindungan terhadap satwa gajah yang letaknya berada di Kota Lampung, Sumatera Selatan

Taman nasional yang satu ini berdiri pada tahun 1985 dan taman ini juga merupakan tsekolah gajah pertama di Indonesia. Pada awal peresmian taman ini bernama Pusat Latihan Gajah atau disingkat sebagai PLG, dan beberapa tahun belakangan ini namanya menjadi PKG atau Pusat Konservasi Gajah, dengan harapan akan menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, serta konservasi dan pengembang biakan.

Hingga saat ini PKG sudah melatih lebih dari 300 ekor gajah yang sudah dipecah ke seluruh penjuru di Tanah Air. Di taman ini kamu juga bisa melihat sebuah Lembaga yang bertugas untuk menjaga spesies badak agar tidak punah yaitu Rhino Foundation.

Faktanya waikambas adalah satu dari dua Kawasan konservasi yang berforrmat taman nasional di kota Lampung selatan. Yang pertama merupakan taman nasional Bukit Barisan Selatan yang diresmikan dengan keluarnya surat keputusan Mentri kehutanan No. 670/Kpts-II/1999 pada tanggal 26 agustus 1999.

Saat ini taman nasional Way Kambas sudah menjadi salah satu desitnasi wisata yang populer di indoensia, selain keindahan alam yang ditawarkan, sekarang Way Kambas juga menjadi tempat wisata edukasi biodiversitas, hal itu membuah taman nasional yang satu ini selalu ramai pengunjung oleh wisatawan local maupun internasional yang inigin melihat langsung gajah yang sudah dilatih disini

Taman nasional Way kambas ini terletak pada 7 kecamatan dikarenakan luas Kawasan yang dimiliki mencapai 130.000 hektar yang melipu  7 kecamatan yaitu Way, Jepara, Labuhan Maringgai, Sukadana, Purbolinggo, Rumbia, dan Seputih Surabaya.

Waykambas sendiri sebenarnya merupakan sebuah ekositem dengan dataran rendah yang didalamnya terdapat rawa air tawar, semak belukar, hutan serta pantai, dikarenakan tempatnya yang beragam, taman nasional yang satu ini memiliki biodiversitas yang tergolong tinggi.

Banyak jenis flora yang terdapat didalamnya seperti misalnya api-api, pidada, salam, rawang, cemara laut. Tak hanya kaya akan flora disana juga banyak terdapat fauna yaitu gajah, harimau, badak, beruang madu, rusa, tapir, anjing laut, ayam hutan, rangkong.

Kalau kamu sedang berlibur kesini, kamu tidak perlu khawatir dengan gajah-gajahnya, karena gajah disini sudah dilatih secara professional, sementara gajah liar akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu, dengan demikian kamu akan aman jika berkunjung kesini.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika kamu datang kamu tidak hanya akan bertemu dengan gajah, namun juga satwa lainnya yaitu badak. Bahkan tempat ini merupakan satu-satunya tempat yang pengembangbiakan badak sumatera di dunia yang sudah mulai sedikit populasinya.

Namun, terdapat kebijakan yang dibuat oleh pengelola taman naisonal way kambas ini, yaitu soall pembatasan jumlah wisatawan yang berkunjung.

Hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, dikarenakan hal tersebut agar tidak menggangu kepentingan penelitan dan pengembangan badak Sumatera.

Karena pada saat ini disana sedang diadakan Proyek penelitian pengembangan populasi badak sumatera dan proyek penelitan populasi harimau sumatera.

Kedua proyek ini dijalankan dengan menggunakan tracing di hutan Way Kambas untuk mengamati flora dan fauna di lokasi.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan disini adalah berkemah, di taman nasional ini kamu boleh berkemah, namun kamu harus mengikuti peraturan yang sudah dibuat.

Demikan itulah penjelasan singkat mengenai Taman Nasional Way Kambas