November 30, 2021

Selfdrivesa.com

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Pulau Weh

Penjelasan Tentang Pulau Weh

Pulau weh merupakan sebuah pulau vulkanik kecil yang letakya ebrada di Pulau Sumatera. Dulunya pulau ini pernah terhubung dengan Pulau Sumatera, namun pada akhirnya pulau ini dipisahkan oleh laut setelah kejadian letusan gunung berapi yang terjadi pada jaman Pleistosen.

Saat ini pulau tersebut terletak pada Laut Andaman, Pulau weh juga memiliki kota tersbesar yaitu Sabang yang merupakan kota paling barat yang berada di Indonesia.

Pulau ini juga terkenal dengan ekosistemnnya dan pemerintah Indonesia sendiri sudah menetapkan wilayah dari pulau ini sejauh 60 km kuadrat, angka tersebut dihitung dari tepi pulai dari dalam maupun keluar sebagai suaka alam.

Ditahun 70-an pemerintah Indonesia sendiri memiliki rencan untuk meningkatkan dan membangun beberapa infrastruktur di Sabang, misalnya dari segi perikanan itu sendiri, industry, perdagangan, dan lain-lain.

Pada tahun 2000-an pemerintah Indonesia mengatakan bahwa Sabang merupakan Zona Perdagangan Bebas dan juga Pelabuhan bebas untuk memperoleh keuntungan dengan membangun sebuah pelabuhan di kota Sabang.

Nama Sabang sendiri berasal dari Bahasa arab yaitu Shabag yang memiliki arti gunung meletus. Hal tersebut dikarenakan para peneliti beranggapan bahwa pada jaman dulu di Pulau Weh terdapat banyak sekali gunung aktif, hal tersebut dapat dilihat dari gunung berapi yang terdapat pada Jaboi, dan di dalam laut Pria Laot.

Sedangkan untuk Pulau Weh datang dari Bahasa aceh yang mengartikan pergereseran, hal tersebut dikarenakan terdapat kabar yang beredar bahwa pulau ini awalnya merupakan satu kesatuan dengan pulau Sumatera itu sendiri. Lalu akhirnya dikarenakan satu hal pulau ini akhirny me-weh-kannya ke tempat yang saat ini di kenal.

Ada juga yang beranggapan sebenarnya pulau ini diberikan nama Pulau Weh ( dibaca We ) dikarenakan bentuk pulaunya sendiri yang berbentuk W.

Sabang sendiri awalnya ditemukan oleh soerang Ahli Bumi dari Yunani, yaitu Ptolomacus yang sedang berlayar kea rah timur dan akhirnya ia berhenti sejenak di pulau yang tidak diketahui yang ebrada di mulut Selat Malaka.

Akhirnya pulau yang ia singgahi tersebut diperkenalkannya kepada para pelaut dan ia menandakana pulau tersebut sebagai pulau emas di peta para pelaut.

Pada saat sebelum perang dunia II terjadi, pelabuhan Sabang merupakan tempat yang penting, bahkan dibandingkan dengan Singapura sekalipun. Tetapi hal tersebut berubah ketika penggunaan kapal laut bertenaga diesel mulai marak, sejak saat itu Singapura jelas jauh lebih penting, dan pulau Sasbang perlahan mulai dilupakan.

Nah, untuk saat ini Pulau Weh juga sudah bisa dijadikan sebagai tempat destinasi wisata alam, bahkan beberapa spot di pulau ini belum diketahui oleh banyak orang.

Biasanya orang yang berkunjung ke pulau ini akan melakukan kegiatan menyelam dan berselancar karena ombaknya yang cukup bersahabat.

Salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai iboih, pantai ini menyajikan keindahan bawah laut Pulau Weh, dan di pulau ini juga kamu bisa menyelusuri jejak alam yang membuktikan bahwa dulunya Pulau Weh dan Pulau Sumatera adalah satu kesatuan.

Untuk kamu yang ingin melakukan diving, Taman Laut yang berada di Pulau Rubiah bisa menjadi salah satu destinasi, karena kalian akan bertemu dengan satwa laut yang indah juga mengangumkan seperti  hiu, paus, lumba – lumba, penyu.

Nah, kira-kira itulah sedikit penjelasan tentang Pulau Weh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dalam menambah informasi ya.