November 30, 2021

Selfdrivesa.com

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Pulau harapan bagian kepulauan seribu

Pulau harapan bagian kepulauan seribu

Bagi masyarakat Jakarta, Kepulauan Seribu, bukanlah nama yang asing lagi. Namun, untuk orang di luar Jakarta, nama Pulau Harapan masih belum terlampau dikenal. Bahkan tidak mengherankan jika terdapat orang yang sama sekali tidak tahu menahu mengenai Pulau Harapan meskipun pulau ini menyimpan keindahan alam luar biasa.

Siapa sangka kota sibuk laksana Jakarta yang dikenal sebagai kota metropolitan nan modern mempunyai pulau estetis untuk lokasi berlibur. Sepertinya Jakarta memang provinsi yang memiliki sekian banyak hal menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit sampai tempat eksotis. Pulau Harapan adalah bagian dari Pulau Seribu yang masih unsur dari DKI Jakarta.

Pulau Harapan Kepulauan Seribu tidak jarang kali dijadikan tujuan wisata masyarakat Jakarta yang hendak pergi sejenak dari rutinitas ibukota nan padat. Kepulauan Seribu memang menyimpan keindahan alam menakjubkan, di mana pemandangan laut, pasir pantai nan putih, terumbu karang, serta pemandangan pulau yang asri menjadi pesona utama.

Pulau harapan bagian kepulauan seribu

Jika kita tengah mendatangi Jakarta dan mempunyai waktu luang, sangat dianjurkan untuk mendatangi Kepulauan Seribu sehingga dapat membuktikan sendiri bagaimana menakjubkannya keindahan alam yang berada begitu dekat dengan jantung negara Indonesia ini. Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu, Anda melulu perlu mengerjakan perjalanan dengan kapal motor sekitar 30 menit.

Akses Pulau harapan bagian kepulauan seribu

Salah satu pulau yang menyimpan keindahan dan keunikan salah satu jajaran Kepulauan Seribu ialah Pulau Harapan . Pulau satu ini lumayan populer di kalangan wisatawan dan menjadi salah satu tujuan yang mesti ditemui ketika berangjangsana ke Kepualauan Seribu. Kali ini, akan dibicarakan mengenai pulau cantik mempunyai nama seperti ikan ini.

Pulau Harapan dirasakan sebagai distrik yang aman dan nyaman sampai-sampai masyarakat Tangerang tidak berat meninggalkan kehidupan lama mereka dan menetap di pulau tersebut. Di masa penjajahan Jepang, masyarakat Pulau Harapan dipaksa menjadi nelayan tanpa bayaran dan memberikan hasil tangkapan ikan mereka untuk pemerintah Jepang.

Untungnya, masa pendudukan Jepang di Indonesia tidak lama sampai-sampai masyarakat Pulau Harapan terselamatkan. Sekarang, beberapa masyarakat Pulau Harapan masih bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani rumput laut. Pemerintah Jakarta melewati Lembaga Pengetahuan Indonesia atau LIPI memberikan pertolongan kepada masyarakat guna melakukan sesuai taman rumput laut dan pertenakan ikan.Di samping menjadi penghasil ikan dan rumput laut, Pulau Harapan pun semakin dikembangkan sebagai lokasi wisata yang populer dengan memanfaatkan keindahan alam dan kebijaksanaan lokal. Cagar alam dan kebudayaan lokal tetap dipertahankan kelestariannya supaya bisa diwariskan ke anak cucu serta bisa mengundang wisatawan datang berkunjung.

Bagi kita yang hendak melihat langsung keindahan pulau berpasir putih dengan air laut yang jernih kehijauan, Pulau Harapan ialah pilihan tepat. Ketika mengerjakan perjalanan laut ke Pulau Harapan kita akan mengejar keindahan lautan kehijauan yang bertemu dengan pasir putih di pantai. Anda dapat mendatangi Pulau Harapan melewati Pelabuhan Muara Angke.

Anda dapat menyewa kapal atau menaiki kapal penumpang untuk menjangkau Pulau Harapan. Jika memilih kapal penumpang, Anda mesti datang tepat waktu, sebab kapal penumpang melulu melakukan perjalanan dua kali sehari ke Pulau Harapan Kepulauan Seribu, yaitu pada pukul 7 pagi dan 1 siang. Jarak tempuhnya ialah selama 2 jam.

Selain melewati Muara Angke, kita juga dapat melakukan perjalanan lewat Pelabuhan Marina di Ancol. kita dapat mencarter speedboat guna pergi ke Pulau Harapan. Namun, andai memilih pilihan ini mesti menerbitkan ongkos yang lebih besar sebab harga sewa speedboat lebih mahal daripada menaiki perahu penumpang di Muara Angke.

Akan tetapi, andai menaiki speedboat kita tidak mesti datang di masa-masa tertentu sebab menyewa speedboat dapat dilakukan kapan saja. Lagi pula, perjalanan dengan speedboat lebih cepat dan kemudahan yang didapat lebih nyaman. Hanya butuh waktu 1,5 jam guna sampai di Pulau Harapan dengan speedboat yang dilengkapi pendingin ruangan.