Agustus 15, 2022

Blog Seputar Travelling dan Alam

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Jenis Harimau yang Ada di Indonesia, Sebagian Hampir Punah

Menghibur diri tak kudu jauh-jauh singgah ke luar kota maupun luar negeri. Seiring berkembangnya zaman, mencari hiburan untuk mengisi kebosanan terhitung bisa dikerjakan di dalam rumah saja.

Salah satunya adalah dengan berseluncur ke fasilitas sosial. Kini, banyak penduduk yang mengunggah video kejadian-kejadian lucu yang mereka alami di beberapa platform fasilitas sosial.

Tentu, kejadian-kejadian lucu ini menimbulkan tawa bagi barang siapa yang menontonnya. Terlebih, saksikan video lucu bisa menjadi salah satu alternative murah untuk menyebarkan pikiran.

Harimau merupakan spesies kucing terbesar pemakan daging alias karnivora. Nama latin berasal dari harimau adalah Panthera tigris.
Kata panthera dipercayai berasal berasal dari kata oriental yang berarti “putih-kuning”.

Sementara tigris berasal berasal dari kata Yunani yang berarti panah, merujuk pada kecepatan gerak spesies ini lebih-lebih pas berada di sedang hutan. Harimau punyai ciri loreng yang khas pada bulunya, bersifat garis-garis vertikal gelap pada bulu oranye dengan bulu anggota bawah berwarna putih.

Baca juga: poker online

Warna oranye dan garis-garis hitam ternyata bisa menopang harimau untuk menyatu dengan pohon-pohon dan rerumputan yang tinggi untuk berkamuflase.

Terdapat 3 type spesies harimau yang ada di Indonesia

Dari seluruh type harimau yang ada di Indonesia, kini hanya tinggal Harimau Sumatera saja yang masih tersisa atau belum punah.

1. Harimau Jawa

Harimau Jawa atau yang punyai nama latin Panthera tigris sondaica, merupakan subspesies harimau yang hidup terbatas di pulau Jawa. Harimau Jawa telah dinyatakan punah sejak tahun 1980-an. Harimau Jawa punah akibat ada perburuan besar-besaran di lahan pertanian di kurang lebih pulau Jawa.

2. Harimau Bali

Harimau Bali atau yang punyai nama latin Panthera tigris balica, merupakan hewan buas berasal dari subspesies harimau. Harimau Bali dulu habitatnya ada di Pulau Bali, Indonesia, dan pas ini telah dinyatakan punah. Keberadaan harimau Bali ini terakhir ditemukan pada tahun 1925. Subspesies harimau Bali ini merasa dinyatakan punah pada tahun 1937, sebab banyaknya perburuan liar.

3. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera ini punyai bhs latin Panthera tigris sumatrae. Harimau Sumatera habitat aslinya berada di pulau Sumatera. Harimau Sumatera adalah satu berasal dari enam subspesies harimau yang masih bertahan hidup dan belum punah di dunia, menurut Lembaga Konservasi Dunia (IUCN).

Populasi berasal dari Harimau Sumatera ini diperkirakan kurang lebih 400-500 ekor. Harimau Sumatera yang masih tersisa pas ini telah berada di taman-taman nasional Sumatera. Pada tahun 2007, diperkirakan hanya tersisa 192 ekor Harimau Sumatera di alam liar Propinsi Riau.

Sejak tahun 1998-2000, harimau Sumatera sering mengalami perburuan liar dan perdagangan ilegal, maka kini Harimau Sumatera telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi.