September 19, 2021

Selfdrivesa.com

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Mengeksplor Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan nama yang berasal dari Bahasa Sansekerta yang bearti Brahma. Brahma sendiri merupakan salah seorang Dewa dalam agama hindu.

Gunung bromo memiliki keintggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan gunung yang satu ini juga terletak dalam empat wilayah kabupaten yang meliputi Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan juga Malang.

Bromo merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal di Jawa Timur, dan status dari gunung yang satu ini merupakan gunung berapi yang masih aktif

Tempat ini juga termasuk dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Secara bentuk sendiri gunung Bromo memiliki lembah dan ngarai dengan kaldera seluar 10 kilometer persegi.

Bromo sendiri sudah sempat Meletus selama beberapa kali dengan jangka waktu yang konsisten yaitu setiap 30 tahun sekali, untuk letusan yang paling dahsyat sendii terjadi pada tahun 1974, dan 2015 ia kembali Meletus.

Awalnya gunung ini merupakan lautan pasir dan terdapat dua gunung yang saling berdemepetan. Gunung Tengger yang waktu itu merupakan gunung yang paling besar dan tinggi saat itu.

Setelah itu terjadilah sebuah letusan kecil yang membuat materi vulkanik tersebut terhempas ke tenggara sehingga terbentuklah sebuah lembah besar dan juga dalam, kemudian letusan dashyat menciptakan kalderan dengan diameter lebih dari 8 kilometer.

Untuk legenda dari tempat ini pada dulunya pulau Jawa diperintah oleh seorang raja yang bernama Brawijaya dari Majapahit, dan dikabarkan ia juga memiliki anak perempuan yang bernama Rara Anteng.

Lalu kemudian terjadi pergolakan di Pulau Jawa yang membuat sebagian besar masyraakat akhirnya lari ke pulau Bali, dan sebagiannyua ke dataran tinggi di kaki gunung bromo yang dipimpin oleh Roro Anteng dan juga Joko Seger yang dikenal sebagai suku Tengger sampai saat ini.

Biasanya para wisatawan yang datang ke tempat ini ingin menyaksikan moment terbitnya matahari, dengan dibaluti dengan gumpalan awan yang tebal perlahan mulai disinari sehingga membuat efek dramatis.

Jika kamu sedang beruntung maka kamu bisa melihat upacara Kasada. Upacara Kasada sendiri dilaksanakan pada tanggal 14 dan juga 15 bulan ke duabelas berdasarkan tahun jawa.

Upara tersebut untuk mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan melamparkan sebagian hasil sawah, ladang, dan juga ternah masyarakat ke dalam kawah Gunung Bromo.

Wisata yang terdapat pada gunung bromo ini cukup banyak, kamu bisa memilih berbagai destinasi disana.

Misalnya seperti pananjakan 1 yang berada di ketinggian 2.770 meter di atas permukaan laut. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat bagus untuk kamu yang ingin menyaksikan matahari terbit.

Untuk mencapai view point ini kamu harus menggunakan kendaaan jeep yang menjadi satu-satunya kendaraan yang beroperasi disana dan kendaraan tersebut memang bertujuan untuk mengantarkan para wisatawan ke objek di Bromo.

Jangan lupa untuk membawa jaket tambahan atau berbahan tebal karena tempatnya yang sangat tinggi tentu membuat udara disana sangat dingin dan juga sejuk.

Biasanya jika kamu mengambil paket wisata, maka tempat pertama yang terdapat daftar kunjungan adalah tempat ini karena kamu akan diajak untuk melihat keindahan Sun Rise.

Nah, kira-kira itulah sedikit pembahasan mengenai gunung Bromo yang terletak di Jawa Timur.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi seputar Gunung Bromo, pastikan selalu menjaga kebersihan ke tempat-tempat yang kamu kunjungi demi kenyamanan bersama ya.