November 30, 2021

Selfdrivesa.com

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Destinasi wisata pulau lembeh

Destinasi wisata pulau lembeh

Di samping Bunaken yang telah lebih dulu terkenal, Jokowi pun memuji Pulau Lembeh yang disebutnya punya daya tarik keindahan yang tak kalah dengan Bunaken. Sampai-sampai Jokowi mengunggah potret dan mempromosikan Pulau Lembeh di akun Instagramnya.

“Sulawesi Utara tidak hanya mempunyai Taman Nasional Bunaken di Teluk Manado, tapi pun Pulau Lembeh. Pulau ini punya daya tarik keindahan pantai, resor, pun lokasi penyelaman di lautnya,” tulis Jokowi di Instagram.

Jika terdapat rencana berwisata ke Sulawesi Utara, tidak boleh lupa masukkan nama pulau Lembeh dalam susunan kunjungan. Karena banyak dalil menikmati keindahanya, laksana 105 tempat menyelam pulau lembeh dan keindahan pantai hingga daya tarik ekowisata mangrovenya.

Pulau Lembeh adalah wilayah administratif kota Bitung. Luasnya 5.040 hektar. Di sana, ada 2 kecamatan, yakni Lembeh Utara dan Lembeh Selatan. Total, ada 17 kelurahan di pulau ini. Jika berencana mendatangi pulau Lembeh, wisatawan dapat terlebih dahulu mengunjungi dermaga Ruko Pateten, Aertembaga, tak jauh dari pelabuhan kota Bitung. Di dermaga ini, wisatawan dapat memakai jasa perahu taksi bermotor tempel. dengan masa-masa tempuh selama 10 menit.

Destinasi wisata pulau lembeh

Bagi wisatawan mancanegara, pulau Lembeh bukanlah nama asing. Sejumlah resort yang sedang di pulau itu tak pernah sepi pengunjung. Di samping mempunyai banyak titik penyelaman, selat Lembeh pun dihuni selama 300 famili hewan bawah laut, dengan ribuan spesies. Salah satu primadonanya ialah mini octopus. Sebagai upaya menghindari kehancuran ekosistem bawah laut, pihaknya tidak jarang kali memberi arahan untuk wisatawan yang hendak menyelam. Di samping itu, ada pun kesepakatan antara setiap resort. Satu distrik selam, tidak boleh dipenuhi lebih dari 15 orang. Angka tersebut sudah tergolong dive guide.

Jadi tidak jarang sekali ada komunikasi antara setiap dive centre. Kalau di satu titik telah ada kegiatan penyelaman, maka dive centre beda, tidak boleh membawa wisatawan guna menyelam di titik yang sama. Karena terlalu banyak penyelam, akan dominan pada kegiatan ikan.

Berbagai Destinasi wisata pulau lembeh

Di samping wisata bawah laut, tempat lain yang dapat dikunjungi ialah kawasan ekowisata mangrove di kelurahan Pintu Kota, kecamatan Lembeh Utara. Biayanya relatif murah. Di sepanjang jalan menuju tempat wisata, ada himbauan yang mesti diperhatikan. Kemudian, di dalam kawasan, pengunjung bisa bersantai di gazebo atau berfoto-foto dengan latar tumbuh-tumbuhan mangrove.

Tak hanya itu, lebih ke dalam lagi, pengunjung dapat menyaksikan laut yang dijepit 2 bukit. Lokasi ini pun menjadi lokasi ideal guna mengabadikan kenangan. Kabarnya, sejumlah pasangan pernah memanfaatkannya sebagai latar potret pre-wedding. Kawasan ekowisata mangrove Pintu Kota mempunyai luasan 4 hektar. Di sana, ada 4 jenis mangrove, yang terdiri dari, Rhizophora apiculata, Rhizophora mucronata, Soneratia alba dan Soneratia caseolaris.

Selain merasakan ekowisata mangrove, dengan sewa perahu, pengunjung dapat mendatangi obyek wisata lainnya di pulau Lembeh. Jasa transportasi perahu bakal mengantar pengunjung ke monumen Tri Kota, pulau Sarena serta pantai Pasir Panjang.

CCDP-IFAD ialah akronim dari Coastal Community Development Project-International Fund for Agricultural Development. Lewat program-program pelatihan yang mereka selenggarakan, masyarakat menjadi tahu, selain guna ekonomi yang didapatkan dari ekowisata, mangrove punya peranan seperti menangkal abrasi, menyangga ombak dan mencegah potensi tsunami.

Dulu tidak sedikit masyarakat menebang mangrove guna kayu bakar. Namun, setelah sekian banyak pihak memberi penyuluhan, secara perlahan kesadaran masyarakat mulai terbentuk. Tak terdapat lagi yang tebang mangrove. Kini, area ekowisata mangrove Pintu Kota dikunjungi selama 1000-1200 wisatawan perbulan.

Di samping itu, kesebelasan di lapangan, dinilai butuh meningkatkan kemampuan mengelola website wisata. Karena, umumnya, pengunjung datang guna sekedar potret selfie di hutan mangrove. Pengelola area ekowisata sendiri, merasa belum yakin memberi pendidikan dan penjelasan untuk wisatawan tentang jenis, guna dan peranan mangrove.

Selain area ekowisata, penduduk pulau Lembeh pun berupaya mengawal kelestarian lingkungan, salah satunya lewat pembentukan wilayah perlindungan laut (DPL). Ketika mendatangi kelurahan Posokan, kecamatan Lembeh Utara, Mongabay-Indonesia memperoleh penjelasan tentang kegiatan konservasi di sana.

Warga kelurahan Posokan pun berupaya memperbaiki situasi karang yang dinilai telah merasakan kerusakan, lewat program transplantasi karang. Dalam program itu, mereka didampingi aktivis Manengkel Solidaritas, suatu lembaga konservasi yang berkantor di Manado.