September 19, 2021

Selfdrivesa.com

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Danau Sentani, Danau Indah Yang Terdapat di Tanah Papua

Danau Sentani merupakan sebuah danau yang terletak di Papua, Indonesia. Danau yang satu ini berada di bawah lereng pegunungan cagar alam Cyclops yang luasnya sekitar 245.000 hektar.

Tempat ini juga membentang diantara kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura, untuk ukuran danaunya sendiri memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan terdapat pada ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

Faktanya juga tempat ini merupakan danau terluas yang ada di pulau Papua sendiri, dan di danau tersebut terdapat 21 pulau kecil yang menghiasi danau yang indah ini.

Sentani juga memiliki arti sebagai “di sini kami tinggal dengan damai”, nama tersebut awalnya disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika sedang melaksanakan misionaris di wilayah ini pada tahun 1898.

Tempat  ini sudah bisa kamu lihat ketika kamu sedang terbang menuju Jayapura, kamu akan melihat pemdangan dari atas pesawat.

Terdapat hamparan pemandangan danau yang sangat luas dan terlihat sangat cantic dengan dihiasi bukit-bukit berwarna hijau.

Sentani juga menjadi salah satu wisata yang cukup tersohor di Jayapura, dan tempat yang satu ini memiliki banyak sekali keunikan dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

Salah satunya seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat 22 pulau kecil yang tersebar di danau ini.

Dan dari 22 pulau yang tersebar tersebut, pulau Asei merupakan pulau yang paling terkenal, warga sekitar percaya bahwa pulau tersebut merupakan bagian tubuh dari naga

Selain itu, karena luasnya danau ini, maka tak heran untuk kenanekaragamannya sendiri sangat baik.

Terdapat 30 jenis spesies ikan air tawar yang hiduo di danau tersebut dan dari 30 jenis tersebut terdapat 4 yang merupakan hewan endemic, artinya hewan tersebut hanya ada di danau itu.

Empat spesies endemic tersebut antara lain ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan hiu gergaji (Pristis microdon).

Selain itu, di sekitaran danau tersebut juga terdapat sebuah bukit yang mengingatkan kita akan film anak-anak yang berjudul teletubies.

Bukit tersebut memiliki tekstur yang bergelombang dan juga berwarna hijau yang membuatnya sangat mirip dengan pemandangan bukit di film teletubies tersebut.

Untuk menikmati pemandangan bukit ini terdapat dua cara, yang pertama kammu bisa melihatnya ketika sedang berada di pesawat. Selain itu, kamu juga bisa naik ke Tugu Mac Arthur.

Tugu ini sendiri berada pada Pegunungan Cyclops, Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora yang merupakan markas dari TNI.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat yang satu ini  adalah sekitaran bulan Juni, karena dibulan tersebut kamu tak hanya akan melihat pemandangan saja namun juga kamu berkesempatan untuk melihat tradisi local disana.

Tradisi tersebut diberi nama Festival Danau Sentani yang akan diisi dengan tarian adat di atas perahu, dan juga terdapat upacara penobatan seperti Ondoafi, dan sajian kuliner khas Papua.

Festival ini disajikan dan dibalut dengan budaya asli dari wilayah Tabi yang dimana wilayah tersebut didiami oleh 16 subsuku.

Nah, kira-kira itulah sedikit penjelasan mengenai Danau Sentani yang berada di Papua. Semoga dengan adanya artikel ini kamu semakin tahu akan wisata yang ada di Pulau Papua ya.

Selalu jaga kebersihan ke tempat wisata yang kamu kunjungi untuk kenyamanan bersama ya. Sekian dan terima kasih