Juni 27, 2022

Blog Seputar Travelling dan Alam

Nikmati Nuansa Alam Yang Eksotik

Asal Muala Pantai Karangbolong

Asal Muala Pantai Karangbolong

Pantai karang bolong merupakan pantai yang berlokasi pada sebuah Desa Karangbolong, Kecamatan Cinangka, Serang, Banten. Pantai ini memang memiliki nama yang unik, selain itu pantai ini juga memiliki perbedaan dengan pantai pada umumnya, Pantai ini memiliki kontur yang landai dengan warna pasir kelabu luas dan dibatasi oleh perbukitan berbatu sedimen klastik.

Dulunya pantai ini merupakan akses penghubung anyer hinga carita.

Di Pantai ini terdapat sebuah goa yang dihuni oleh para burung walet untuk dijadikan tempat membuat sarang mereka.

Menurut legenda masyarakat, pantai ini merupakan pantai yang termasuk ke dalam wilayah kekuasaan Nyi Roro Kidul. Dan pemimpin dari pantai ini bernama Prabu Rakata, dimana iya merupakan seorang abdi kinasih.

Pada masa kerajaan Hindu-Buddha masih berdiri kokoh, pantai ini digunakan para kesatria kerajaan untuk mencari berbagai ilmu yang berunsur digdaya.

Asal usul dari karangbolong ini merupakan diambil dari sebuah batu karang yang berada pada tepi pantai ini, sesuai dengan namanya, karang ini memiliki lubang yang cukup  besar.

Batu karang ini yang bolong ini terjadi dikarenakan abrasi pantai oleh air laut. Namun beberapa orang, mengatakan bahwa lubang besar yang terdapat pada karang tersebut disebabkan oleh letusa gunung Krakatau pada tahun 1883.

Masyarakat sekitar percaya bahwa lubang ini ada untuk memasuki dunia gaib yang berada pada wilayah Banten. Dan dipercaya mampu memanggil jin dengan syarat membawa sesajen dengan durasi waktu dimulai dari jam 12 malam hingga menjelang adzan subuh. Pada proses ritual ini para pemanggil tidak boleh mengantuk apalagi tertidur selama proses pemanggilan tersebut berlangsung.

Ketika jin berhasil dipanggil maka kamu dapat meminta apa saja, dan akan dikabulkan misalnya seperti emas, uang tunai. Namun, jika ritual tersebut berhasil maka kamu harus memberikan zakat supaya bersih.

Sebelum berganti nama menjadi Pantai Karangbolong , dulunya pantai ini bernama Pantai Karangsurga lho.

Nama tersebut diambil dari sebuah pertapa yang memiliki ilmu yang sangat tinggi yang bernama Suryadilaga, dan tidak ada yang mampu menyamainya

Sebelum menjadi destinasi wisata yang cukup populer, dulu pantai ini sering digunakan untuk dijadikan tempat untuk mencari, melatih, ataupun mengembalikan ilmu yang sudah dipelajari, yaitu ilmu kanuragan.

Pantai ini dipercaya menjadi tempat yang suci untuk mendapatkan sebuah ilmu tingkat tinggi, ilmu tinggi tersebut dikenal dengan ilmu Batara Karang.

Batara Karang sendiri merupakan ilmu yang bisa membuat siapapun yang menguasainya menjadi kekal abadi.

Ilmu ini merupakan ilmu dengan tingkatan tinggi yang tidak dapat dikuasai dengan mudah. Konon katanya, para kesatria yang ingin menguasai ilmu ini harus melakkan puasa selama 1000 hari lamanya. Jika kamu gagal semasa proses menimba ilmu, maka kamu akan mendapatkan konsekuensi yaitu alam semesta akan menolaknnya selamanya walaupun sudah dalam keadaan meninggal.

Untuk dapat kesana kamu cukup menyisakan uang sebesar 5000 rupiah sebagai tiket masuk. Ketika kamu sudah masuk kesana kamu akan langsung dihadapkan dengan pemandangan pantai yang indah, biasanya para wisatawan akan menggelar tikar dan melakukan piknik.

Dan ketika air sedang surut, kamu bisa menyusuri karang yang tidak terendam oleh air laut, namun sayangnya untuk kamu yang ingin mencoba berenang ditepi pantai itu, lebih baik kamu cari pantai lain saja.


Nah, itulah sedikit penjelasan sejarah dari Pantai Karangbolong. Jika kamu berkunjung kesana pastikan kamu tidak membuang sampah sembarangan ya. Semoga bermanfaat